Upacara Hari Kesadaran Nasional dirangkaikan dengan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.

Upacara Hari Kesadaran Nasional dirangkaikan dengan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.

upacara-hari-kesadaran-nasional-dirangkaikan-dengan-hari-bela-negara-ke-74-tahun-2022-di-kecamatan-cinangka-kabupaten-serang

Pemerintah Kecamatan Cinangka pada hari ini Senin, 19/12/2022 telah melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional dirangkaikan dengan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 yang jatuh pada setiap tanggal 19 Desember.

Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Peringatan Hari Bela Negara diHalaman Kantor kecamatan Cinangka, dengan peserta Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Kecamatan Cinangka, Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala UPT Puskesmas dan Kepala Sekolah Dasar, dan tahun ini mengusung tema Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku.

Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.


Drs. Dite Hendra Purnama, M.Si, Camat Cinangka Kabupaten Serang bertindak sebagai pembina upacara, membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia.

Dalam amanatnya, Presiden berharap kepada seluruh warga negara untuk memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara.

"Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara," ucap Camat Cinangka Kabupaten Serang.

Sedangkan perwujudan bela negara sebagai ASN sendiri adalah dengan melalui pelaksanaan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan profesi ASN. Berpartisipasi secara aktif terhadap perubahan lingkungan strategis, mendiagnosa berbagai permasalahan, serta dapat mengelola perubahan yang terus terjadi.

"Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai," ujar Dite Hendra Purnama.

Menutup amanat, Ia berharap semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera.

Selamat Hari Bela Negara ke-74, Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku," ucap Dite Hendra Purnama menutup amanat dari Presiden ke-7 Republik Indonesia.