Sosialisasi Vaksin Covid-19 Usia 6-11 Tahun Kecamatan Cinangka

Sosialisasi Vaksin Covid-19 Usia 6-11 Tahun Kecamatan Cinangka

sosialisasi-vaksin-covid-19-usia-6-11-tahun-kecamatan-cinangka

Penggunaan vaksin bertujuan untuk mengurangi dampak buruk dari infeksi virus yang terjadi. Hal ini dapat terjadi karena sistem tubuh sudah mengenali virus terlebih dahulu sehingga respons tubuh terhadap infeksi virus akan lebih cepat. Perbedaan mendasar pembentukan antibodi dengan vaksinasi dan infeksi virus secara alami yaitu pada pengawasan dan kontrol yang ketat dalam pemberian vaksinasi.

“Harapannya ketika tubuh sudah mengenali virus maka tidak akan menyebabkan gejala yang berat dan mengurangi risiko kematian, ujar Kepala UPT Puskesmas Cinangka Opo Suryana, SKM pada kegiatan Sosialisasi Vaksin Covid-19 usia 6-11 tahun.

Tujuan utama vaksin adalah pembentukan herd immunity. Anak-anak maupun remaja juga termasuk kelompok yang rentan terkena Covid-19. Adanya mutasi Covid-19 varian delta menyebabkan tingkat risiko penularan Covid-19 meningkat.

Melihat kondisi saat ini pemberian vaksin terhadap anak usia 6-11 tahun penting untuk dilakukan. Efikasi dan profil keamanan Sinovac terhadap usia anak 6-11 tahun tidak berbeda makna dengan efikasi dan profil keamanan pada usia di atas 18 tahun.

Kegiatan Sosialisasi Vaksin Usia 6-11 tahun dimulai pada tanggal 15 Februari 2022 di 41 SD/MI dalam wilayah Kecamatan Cinangka, Tim Sosialisasi Vaksin Covid-19  terdiri dari Puskesmas Cinangka, Polsek Cinangka, Koramil Cinangka, Pegawai Kantor Kecamatan Cinangka, Penilik SD/MI dengan peserta sosialisasi Orangtua siswa/Wali murid, kegiatan sosialisasi tersebut akan berakhir sampai akhir bulan Februari 2022.