Pengukuhan Paskibra Tingkat Kecamatan Cinangka Tahun 2023

Pengukuhan Paskibra Tingkat Kecamatan Cinangka Tahun 2023

pengukuhan-paskibra-tingkat-kecamatan-cinangka-tahun-2023

Pengukuhan (Pasukan Pengibar Bendera) Paskibra Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Tahun 2023, Rabu, 16 Agustus 2023, pukul 16:00 WIB, bertempat di Aula Kecamatan Cinangka.

Dalam pengukuhan tersebut Paskibra diambil sumpah dan janjinya oleh Camat Cinangka Tuti Setiawati, SE dengan disaksikan langsung oleh Unsur Muspika, Panitia PHBN Kecamatan Cinangka, dan jajaran di Pemerintah Kecamatan Cinangka serta orangtua dari anggota Paskibra Kecamatan Cinangka.


“Saya  mengucapkan selamat atas terpilihnya anak-anakku sekalian untuk menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Cinangka Tahun 2023.  kalian adalah pemuda dan pemudi pilihan, dan saya yakin kalian memiliki keistimewaan,” ucap Camat Cinangka mengawali sambutan sesaat setelah pengukuhan Paskibra berlangsung.

“Keistimewaan kalian bukan semata sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 ini. akan tetapi kalian adalah simbol pemuda-pemudi yang siap menjunjung tinggi merah putih sebagai simbol negara. dan kalian harus mampu menjadi magnet bagi pelajar, pemuda dan pemudi lainnya. tunjukkanlah keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” tambah Camat Cinangka.



Dijelaskan bahwa Paskibra harus dapat menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa. mempeertahankan kedekatan, persaudaraan dan kekompakan karena itu semua akan menjadi bekal kalian semua melangkah ke depan, menapaki perjalanan karir yang bersinar.



Menjadi Paskibra berarti kalian memiliki kesempatan yang lebih dibanding siswa-siswa lainnya untuk memperoleh pendidikan tentang rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa, yang di dalamnya terkandung pulai nilai-nilai patriotisme, semangat juang, sikap ksatria dan kemauan kuat untuk selalu membela kebenaran dan keadilan.

Apa yang kalian peroleh ini bukan hanya diserap di dalam pikiran dan dipraktekkan selama masa kalian menjadi anggota paskibra, namun harus meresap ke dalam hati sanubari kalian dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sepanjang hanyat masih dikandung badan.

“Di dalam keluarga, kalian harus mampu menjadi teladan bagi adik-adik kalian, bagi saudara sekandung dan menjadi kebanggaan ayah-ibu kalian. di masyarakat, kalian harus menjadi panutan bagi para tetangga, generasi muda di lingkungan tempat tinggal. di sekolah, kalian harus mampu memberi contoh kepada teman-teman dan menjadi panutan adik kelas,” jelas Camat Cinangka.


Dalam kesempatan itu Camat Cinangka juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mulai dari para orang tua, pembimbing, pelatih dan pendamping anggota paskibra, yang telah memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anak, sehingga sampai hari ini seluruh anggota paskibra masih menunjukkan kemampuan dalam menjaga kepercaya-an dari Pemerintah Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.